Kapolres Bangli Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Zebra Agung 2022



Bangli - Dalam rangka cipta kondisi mewujudkan Kamseltibcarlantas menjelang Natal  dan Tahun Baru 2023.  Operasi Zebra Agung-2022 akan dilaksanakan selama 14 hari yang dimulai pada hari ini tanggal 24 Nopember  sampai dengan  7 Desember  2022. Kamis 24/11/2022.


Apel Gelar Pasukan Ops Zebra Agung Tahun 2022 dipimpin Kapolres Bangli AKBP I DEWA AGUNG ROY MARANTIKA, SH., S.I.K, bertempat di Lapangan Apel  Mapolres Bangli yang di hadiri oleh Waka Polres Bangli KOMPOL I WAYAN SUKA, S. Sos., M.Si, Para Kabag, Para Kasat, Para Kapolsek, Kepala  Jasa Raharja Bangli, Kadis Perhubungan Kab Bangli, dengan peserta upacara terdiri dari 1 peleton Perwira, 1 peleton Satsamapta, 1 peleton  gabungan staf ( personil yang tersprin), 1 peleton Bhabinkamtbmas, 1 pleton gabungan (satreskrim, intel dan satres Narkoba),  1 pleton PNS Polres Bangli, 1 pleton personil dinas perhubungan Kab. Bangli dengan jumlah 175 orang. 


Perwira apel AKP I KETUT WIDIARTA, S.H.,  Komandan apel  IPDA I WAYAN KARIAWAN


Puji Syukur marilah kita panjatkan kehadiran Tuhan yang Maha Esa karena atas berkah dan karunia-nya kita semua dapat hadir bersama dalam kegiatan" Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Agung Tahun 2022" dalam keadaan sehat.


Kapolres Bangli AKBP I DEWA AGUNG ROY MARANTIKA, SH.S.I.K  saat membacakan  amanat Kapolda Bali diawali dengan mengucapkan terima kasih kepada bapak / ibu para undangan sekalian yang telah berkenan hadir pada kegiatan Apel Gelar Pasukan pagi hari ini. Selain itu,  juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh Personel Polri, TNI, Pemerintah daerah, instansi terkait serta segenap elemen masyarakat Bali atas segala dukungan dan kerja samanya, sehingga pelaksanaan rangkaian Presidensi KTT G20 tahun 2022 di Bali dapat berjalan dengan baik dan lancar.  Berharap agar sinergitas dan kolaborasi yang sudah terjalin dengan baik ini, dapat kita jaga dan tingkatkan dalam memelihara stabilitas kamtibmas di wilayah Bali.


Para peserta apel yang saya hormati, lalu lintas merupakan salah satu sektor yang cukup sentral dalam perkembangan negara republik indonesia. Lalu Lintas mempunyai peran strategis dalam mendukung pembangunan integrasi nasional dimana produktivitas masyarakat dan kegiatan perekonomian bergantung kepada kelancaran Lalu Lintas.


Namun masyarakat demikian, masih terdapat yang tidak mengindahkan kedisiplinan dalam berlalu-lintas. Pada pelaksanaan Operasi Zebra tahun 2021, tercatat jumlah pelanggaran lalu lintas yang terjadi di wilayah hukum polda bali sebanyak 7.587 pelanggaran dan terjadi 91 kecelakaan Lalu lintas. Dari data pelanggaran dan kecelakaan tersebut menyebabkan 8 orang meninggal dunia, 1 orang luka berat, 133 orang luka ringan dan menimbulkan kerugian materiil sebesar rp. 140.950.000,- (seratus empat puluh juta sembilan ratus lima puluh ribu rupiah).


Berdasarkan data tersebut, dibutuhkan serangkaian upaya komprehensif yang mencakup upaya pembinaan, pencegahan dan penegakan hukum. Upaya pembinaan dan pencegahan tersebut dilakukan melalui peningkatan pemahaman masyarakat akan peraturan Lalu Lintas serta melalui peningkatan pengawasan kelaikan jalan, sarana dan prasarana, maupun kendaraan.


Sementara itu, upaya penegakan hukum dilakukan melalui operasi pemeriksaan kendaraan bermotor, kelengkapan berkendara dan surat kelengkapannya yang dilaksanakan secara berkala dan penegakan Hukum secara Elektronik (ETLE).


Para peserta apel yang saya hormati, sebagai upaya untuk menekan tingginya angka pelanggaran dan kecelakan lalu lintas serta meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas, Polda Bali akan menyelenggarakan Operasi Zebra Agung-2022. Operasi Zebra Agung-2022 akan kita laksanakan selama 14 hari mulai dari tanggal 24 November s.d 7 Desember 2022 dengan mengusung tema "Tertib Berlalu Lintas Mewujudkan Kamseltibcarlantas yang Presisi". Operasi kali ini mengedepankan pola operasi yang bersifat preemtif dan preventif serta didukung pola penegakan hukum secara Elektronik (ETLE) baik secara statis maupun mobile. Saat ini, kita telah mengoperasikan 8 titik etle yang tersebar wilayah denpasar dan badung terkait dengan gakkum prioritas lantas, di terdapat beberapa pelanggaran yang harus diperhatikan mulai dari:


- Pengemudi/pengendara menggunaan yang ponsel saat berkendara,

- Pengendara di bawah umur.

- Penggunaan helm SNI dan Keamanan Sabuk pengamanan.

- Melawan arus 

- Berkendara melebihi batas kecepatan.


Gelar pasukan yang kita laksanakan saat ini, merupakan wujud kesiapan dan keseriusan kita dalam melaksanakan Operasi Zebra tahun 2022. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk melaksanakan final checking terhadap kesiapan seluruh personel pengamanan dan sarana prasarana yang akan digunakan di lapangan. Saya berharap, pada kegiatan Apel Gelar pasukan ini, seluruh pejabat Operasi dan seluruh personel pengamanan yang terlibat sudah memahami dan siap melaksanakan tugasnya dengan baik.


sebelum mengakhiri amanat ini, saya ingin menekankan beberapa perhatian agar dilaksanakan oleh rekan-rekan sekalian yaitu :


1. Para pejabat Operasi dan para padal agar memberikan arahan secara jelas dan tegas kepada anggotanya terkait dengan 9 SOP, cara bertindak dan sasaran operasi yang telah ditentukan pengawasan dan laksanakan secara pengendalian personel di lapangan berkesinambungan menghindari pelanggaran.


2. Seluruh personel yang terlibat agar menguasai dan melaksanakan SOP, cara bertindak dan sasaran operasi yang telah ditentukan, hindari sifat arogan, kedepankan tindakan simpatik dan humanis kepada masyarakat.


3. Tidak ada tindakan pungli maupun pemerasan kedepankan tindakan gakkum lantas.


4. Laksanakan anev secara rutin setelah pelaksanaan kegiatan untuk mengatasi kendala lapangan maupun permasalahan di lapangan.


5. Bangun koordinasi dan komunikasi yang baik dengan unsur stakeholder terkait, apabila terdapat permasalahan segera laporkan  kepada pimpinan secara berjenjang.


Demikian yang dapat saya sampaikan dalam kesempatan apel gelar pasukan ini semoga Tuhan yang maha kuasa senantiasa memberikan petunjuk dan bimbingan-nya kepada kita semua dalam melaksanakan tugas dan pengabdian yang terbaik, kepada masyarakat, bangsa dan negara, "Tutupnya..  (*)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama