Kapolres Tabanan Pimpin Rapat Koordinasi Operasi Mantap Brata Agung 2023-2024


Tabanan-Rabu ( 18/10/2023 ) pukul 09.30 - 10.30 Wita bertempat di Aula Wisnu Hartono Polres Tabanan berlangsung Rapat Koordinasi Operasi Mantap Brata Agung 2023-2024 Dalam Rangka Pengamanan Pemilu 2024 Di Daerah Hukum Polres Tabanan yang dipimpin oleh Kapolres Tabanan AKBP Leo Dedy Defretes, S.H.,S.I.K., M.H. 


Adapun undangan yang hadir dalam rapat tersebut antara lain, Dandim 1619 Udayana, Bupati Tabanan yang di wakili, Ketua DPRD Tabanan yang diwakili, Kepala Kejaksaan Negeri Tabanan yang diwakili, Ketua Pengadilan Negeri Tabanan yang diwakili, Ketua KPU  Kabupaten Tabanan yang mewakili, Ketua Bawaslu Kabupaten Tabanan, Kepala Kesbangpol Tabanan, Kepala Dinas Perhubungan Tabanan yang mewakili, Kasat Pol PP Tabanan, Ketua MDA Tabanan, Ketua FKUB Tabanan


Sedangkan dari Polres Tabanan Yang hadir yaitu Waka Polres Tabanan, PJU Polres Tabanan, Kapolsek Jajaran Polres Tabanan dan Operator


Adapun sambutan Kapolres Tabanan pada intinya puja dan puji syukur kita panjatkan atas rahmat dan berkat Tuhan Yang Maha Esa, hingga hari ini kita semua masih diberikan kesehatan, diberikan nafas kehidupan dan bahkan umur yang panjang, sehingga kita dapat melaksanakan rapat koordinasi dalam rangka kesiapan pengamanan pemilihan umum 2024 guna mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah kabupaten Tabanan.


Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh undangan dan hadirin yang telah menyempatkan waktu untuk hadir pada acara rapat koordinasi kesiapan pengamanan pemilu 2024 pada hari ini sehingga acara ini dapat terselenggara dengan baik. sebagaimana diketahui bersama bahwa tahun ini merupakan tahun pesta demokrasi di seluruh wilayah Indonesia yang dapat mengakibatkan munculnya kerawanan kamtibmas yang lebih tinggi sehingga perlu adanya giat antisipasi situasi di daerah hukum polres tabanan agar tetap kondusif menjelang pemilu 2024 sehingga pesta demokrasi dapat berjalan dengan tertib lancar dan damai.


Pemilu yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 adalah untuk memilih anggota DPR, DPD dan DPRD Provinsi, Kabupaten/Kota serta memilih Presiden dan Wakil Presiden. Berbagai partai politik akan melakukan kegiatan menjelang pesta demokrasi kemungkinan menimbulkan dilaksanakan dan akan ada situasi kondusif sehingga perlu adanya antisipasi situasi agar tetap kondusif dan masyarakat merasa nyaman aktifitasnya dalam melaksanakan sehari-hari serta aparat penyelenggara pemilu 2024 dapat bekerja lebih fokus.


Adapun kegiatan rapat koordinasi kesiapan pengamanan pemilu ini dilaksanakan bertujuan dalam rangka pengamanan pemilihan umum tahun 2024 di kabupaten tabanan. dengan akan adanya peningkatan kegiatan dari partai politik pada setiap tahapan pemilu, dimana perkembangan situasi keamanan baik secara nasional maupun regional akan sangat berpengaruh khususnya di kabupaten Tabanan menjelang pelaksanaan pemilu 2024 yang dapat menjadi ancaman kerawanan setiap tahapan pelaksanaan pemilu 2024, begitu juga masih adanya potensi konflik sosial di Kab. Tabanan. 


Berdasarkan pemetaan dari satuan Intelijen Polres Tabanan serta pengalaman dari pemilu pada tahun sebelumnya dari jumlah 1.545 tps dapat dipetakan 1 tps sangat rawan, 4 tps rawan dan 1.540 tps kurang rawan serta dari 10 kecamatan 133 desa terdapat 4 dapil dari 265 daftar calon sementara (dcs) dan 372.372 daftar pemilih tetap (dpt) sebelumnya juga beberapa tahapan pemilu sudah kita lewatkan seperti tahap pendaftaran dan verifikasi peserta pemilu, penetapan jumlah kursi dan penetapan dapil serta tahap pendaftaran/pencalaonan capres/cawapres serentak dilaksakanan besok pada tanggal 19 oktober 2023. inilah yang akan menjadi objek pengamanan kita pada pergelaran pemilu tahun 2024.

Diperlukan kerjasama yang nantinya

untuk secara bersama-sama kita melaksanakan pengamanan rangkaian tahapan pemilihan umum tahun 2023-2024 sehingga situasi kamtibmas di Kab. Tabanan tetap aman dan kondusif. 


Melalui rapat ini dimohon para undangan memberikan saran dan masukan kepada kami guna keamanan rangkaian tahapan pemilihan umum tahun 2023-2024 di kabupaten Tabanan berjalan dengan lancar, aman dan kondusif.


Adapun Saran Atau Masukan dari para undangan yaitu. 


Masukan dari Bawaslu Tabanan yaitu Untuk giat pengamanan dalam rangka penurunan Baliho agar kepolisian bisa membantu untuk pengamanan agar kegiatan penurunan bisa berlangsung dengan aman dan tertib. 


Masukan dari Sekretaris KPU Tabanan dalam rangka kesetaraan Gender untuk membentuk 1 unit yang semua penyelenggaranya perempuan termasuk pam dari Polri dan TNI agar semuanya yang melaksanakan pengamanan Polwan (Perempuan). 


Masukan dari Ketua FKUB mengenai masih adanya baliho yang yang sudah lama terpasang dan kegiatan tersebut juga sudah lama (contoh selamat hari raya galungan th lalu dan natal th lalu) seperti ada pembiaran dan kurang di perhatikan. 


Tanggapan dari Kasat Pol PP Tabanan mengenai baliho yang masih terpasang yang kegiatannya sudah lama berlangsung akan dikordinasikan dengan pihak terkait agar baliho tersebut segera bisa di turunkan. 

Selesai acara dilanjutkan dengan sesi foto bersama dan selama kegiatan berjalan dengan aman dan lancar.


( Humas Polres Tabanan )

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama