Koperasi SMS (Sari Manik Sejahtera) Penuhi Kebutuhan Bahan Bakar Minyak Anggota



KARANGASEM - Untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar minyak (bbm) masyarakat yang jauh dari jangkauan SPBU. 


Koperasi Sari Manik Sejahtera (SMS) dengan inovatif realisasikan kebutuhan akan bbm warga masyarakat, baik tani maupun nelayan di Desa Seraya Timur, Kecamatan . Senin (06/03/2023) siang waktu setempat.


Koperasi SMS menyediakan tempat pelayanan pendistribusian bbm bersubsidi jenis pertalite bagi masyarakat yang tak mampu dengan pembagian jatah kuota seperti yang telah ditentukan dalam aturan untuk anggota Koperasi Sari Manik Sejahtera di Seraya Timur. 


Tentunya sudah melalui prosedural dan peraturan yang berlaku.


Subsidi disalurkan untuk masyarakat miskin, pengusaha kecil, masyarakat tidak mampu. 


Jika subsidi tidak diterima yang berhak maka sama dengan mengambil hal orang yang tidak mampu. 


Subdisi menjadi bagian yang sangat penting sebagai uapaya pemerintah hadir ke masyarakat kurang mampu agar dapat meningkatkan sumber pendapatan ekonomi.


Manfaat subsidi: 

Pertama meningkatkan daya beli masyarakat; 

Kedua menjaga kestabilan harga, meningkatkan produktivitas bagi pelaku usaha, dan agar produk barang/jasa yang disubsidi dapat berkompetisi untuk memenuhi pasar ekspor.


 Terkait subsidi BBM, pemerintah dapat menggunakan strategi yang tepat yaitu subsidi terbuka dan tertutup.


Subsisi Bahan bakar minyak diberikan untuk jenis BBM pertalite dan solar.


 Untuk membatasi penerima maka diperlukan tools yang berupa aplikasi.


Untuk anggota Koperasi SMS cukup menunjukkan kartu anggota untuk BBM subsidi yang telah disediakan di TPP BBM (tempat penyediaan pendisbutrian bahan bakar miyak). 


Kuota yang disitribusikan dari Pertamina sesuai kebutuhan kuota atau jumlah keanggotaan Koperasi SMS tersebut. Jadi penyediaan tersebut adalah dari hasil rekomendasi Kepala Desa/Perbekel Desa Seraya Timur Karangasem.


 Atas dasar rekomendasi tersebutlah Koperasi SMS dapat menjalankan, menyediakan kebutuhan BBM masyarakat setempat.


Menurut Ketua TPP BBM Desa Seraya bahwa "Tempat Pelayanan Pendistribusian BBM ini sejak diresmikan pada tanggal 26 Januari 2023 oleh Ketua Umum Koperasi SMS ibu Sari Dewi sampai sekarang berjalan dengan lancar dan sangat membantu sekali masyarakat Desa Seraya Timur khususnya dalam hal kebutuhan BBM untuk melaut sebagai nelayan dan petani menuju tempat ladangnya yang, tentunya membutuhkan BBM, jenis BBM yang kami sediakan adalah Pertalite, Ungkap I Gede Sardika.


Sardika juga berharap kepada pemerintah agar selalu memperhatikan masyarakat kami dengan segala kekurangan, terutama masyarakat yang sehari-harinya mencari nafkah untuk kebutuhan keluarganya sebagai nelayan. 


Dengan adanya bantuan dari pemerintah BBM subsidi ini yang sudah tersalurkan, ini sudah meringankan beban dan kendala selama ini bagi para nelayan, harap Gede Sardika.


Lebih lanjut, ia katakan siapa lagi kalau bukan kami-kami ini sebagai pemuda harapan bangsa dan negara yang peduli dengan Desa kami, dari sinilah kami bergerak untuk memajukan Desa kami, tutup Gede Sardika.


(JesPutra/AR)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama