Sinergitas Babinsa Koramil 12 Amankan Kegiatan Bersih Dusun



Pasuruan - Babinsa Desa Rombo Kulon Serka Adi Yuliono anggota Koramil 0819/12 Rembang bersama aparat tiga pilar melaksanakan kegiatan pendampingan dan pengamanan kegiatan Selamatan Dusun Nganglang yang tergelar di lapangan Dusun Nganglang Desa Rombo Kulon Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan. Sabtu, (12/11/2022).


Kegiatan Selamatan Dusun tersebut dihadiri sekitar 200 orang. Bersih Dusun merupakan tradisi turun temurun dalam kebudayaan masyarakat. Di jawa khususnya, ritual bersih Dusun telah dilakukan berabad-abad lamanya dan merupakan wujud keharmonisan hubungan manusia dengan alam. 

 

Babinsa anggota Koramil 0819/12 Rembang Serka Adi Yuliono mengatakan “Acara selamatan dusun ini adalah bentuk tradisi budaya masyarakat yang meluapkan rasa syukur atas karunia yang di limpahkan oleh Allah SWT kepada warga Dusun Nganglang khususnya dan kepada warga Desa Rombo Kulon pada umumnya” terang Babinsa.


Acara bersih Dusun tersebut dimeriahkan dengan kegiatan pawai gunungan tumpeng yang diberangkatkan dari halaman Masjid At Taqwa menuju lapangan Dusun Nganglang.


H. Hariono selaku Kepala Desa Rombo Kulon mengucapkan terima kasih kepada seluruh aparat keamanan yang bersinergi hadir dengan tulus ikhlas untuk membantu pelaksanaan lengamanan serta kelancaran terselenggaranya acara bersih Dusun ini. Harapannya semoga acara seperti ini terus dilakukan sebagai warisan budaya leluhur kita serta tetap di pertahankan agar dapat di tiru oleh Dusun- Dusun yang lain di Desa Rombo Kulon.


“Kami para Babinsa, Bhabinkamtibmas serta aparat terkait berupaya membantu pengamanan semaksimal mungkin dan semoga masyarakat Dusun Nganglang dapat terus guyub, makmur, gemah ripah loh jinawi cukup sandang, pangan dan papan” pungkas Babinsa.  ***

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama